Breaking News
Join This Site
Buah Nanas dan Berbagai Macam Manfaatnya

Buah Nanas dan Berbagai Macam Manfaatnya

Apa itu buah nanas?

Buah nanas adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay yang termasuk kedalam keluarga nanas-nanasan ( famili bromeliaceae ). Buah nanas termasuk kedalam ordo poales dengan subfamili bromoliodeae tergolong genus ananas dan termasuk kedalam species a comosus. Buah nanas memiliki rasa yang manis namun juga asam bila dikonsumsi.

 Buah nanas dalam bahasa inggris disebut dengan nama pineaple dan dalam bahasa spanyol disebut pina, buah nanas masuk ke daerah indonesia pada abag ke 15 ( 1599 ). 


Seperti apa ciri-ciri buah nanas ?



Buah nanas memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki batang herba yang kokoh dengan tinggi 0,5 sampai 1,5 meter yang disertai dengan tunas yang merayap pada pangkalnya.
  2. Memiliki daun yang panjang dan tebal dengan ujung yang lancip menyerupai duri.
  3. Bebunga pada umur 1,5 samapi 3 tahun.
  4. Bewarna kuning kehijauan pada kulitnya dan bersisik dipermukaan kulit.
  5. Memiliki kepala atau pangkal buah yang berbentuk seperti sebuah mahkota.

Tempat yang bagaimana yang bisa ditumbuhi oleh buah nanas?

Buah nanas dapat tumbuh di daerah yang basah maupun kering, mampu bertahan di kisaran curah hujan 1000-1500 mm/tahun namun tidak dapat bertahan di iklim yang bersalju akibat rendahnya suhu. Buah nanas dapat tumbuh dengan baik dengan keadaan cahaya matahari sekitar 33%-77% dari kelangsungan maksimumnya dengan angka tahun rata-rata 2000 jam. Buah nanas baik dibudidayakan pada suhu 23 sampai 32 derajat celsius dan mampu bertahan pada suhu rendah 10 derajat celsius.

Bagai mana cara pembudidayaan buah nanas ?

Sebelum melakukan penanaman bibit pada buah nanas, lakukan pemeriksaan lahan terlebih dahulu, walaupun tumbuhan buah nanas ini sangat cocok hampir di semua tanah pertanian namun keadaan yang lebih bagus dalam melakukan pembudidayaan buah nanas dilakukan dengan keadaan tanah yang mengandung pasir, subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik dengan kandungan kapur yang rendah. Usahakan media lahan memiliki tingkat PH keasaman yang berada di angka 4,5-6,5 untuk hasil yang maksimal. lakukan penjarakan tiap bibit yang ingin kita tanami buah nanas. Lakukan pemeliharaan lahan dari bibit yang ditanami dengan bibit buah nanas untuk mengurangi kekurangan bahan-bahan organik yang ada dalam tanah yang bisa menyebabkan kekurangan nutrisi pada tumbuhan buah nanas kita. lakukan penyiraman rutin terhadap bibit buah nanas dan lakukan pemupukkan setelah tanaman berumur 2-3 bulan dan lakukan pemupukan kembali dengan jarak 3 sampai 4 bulan dengan menggunakan pupuk buatan sampai tanaman berbunga. lakukan pembersihan dan pemerliharaan hama dan penyakit terhadap tumbuhan nanas ini untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Kapankah massa panen buah nanas ?

Buah nanas dapat di panen setelah berumur 12 sampai 24 bulan, tergantung dari bibit yang digunakan dalam proses pembudidayaan dan dilakukan pemanenan secara bertahap. Buah yang sudah dapat dipanen memiliki warna kuning kehijauan dan memiliki bau harum nanas yang khas. Mahkota pada buah nanas sudah dalam keadaan mekar atau terbuka, tangkai buah juga sudah mengkerut, apabila pohon buah nanas ini sudah mengalami ciri-ciri seperti ini maka buah nanas sudah dapat dipanen dan selanjutnya dipasarkan.

Apa saja pengolahan hasil buah nanas ?

Buah nanas dapat diolah menjadi berbagai macam sumber makan dan minuman, umunya buah nanas dikonsumsi secara langsung oleh masyarakat namun pengolahan buah nanas juga dapat dijadikan sebagai rujak, pembuatan kue seperti kue nanas, minuman jus buah nanas, campuran eskrim, manisan nanas, sirup dan banyak lagi yang dapat kita olah dari hasil buah nanas ini. Dengan hasil yang bisa didapat dan diolah dari buah nanas ini maka cukup menjanjikan  sebagai ladang usaha dalam peindustrian makanan dan minuman dengan berbahan dasar nanas.

Apa saja kandungan yang terdapat didalam buah nanas?

Dengan rasa yang asam dan manis dan segar buah nanas juga memiliki kandungan gizi dan vitamin dimana dalam 100g buah nanas memiliki kandungan gizi dan vitamin sebagai berikut:
  • Kalori (kcal) sebesar 50
  • Jumlah lemak sebesar 0,1 g
  • Lemak jenuh sebesar 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda sebesar 0 g
  • Lemak tak jenuh tunggal sebesar 0 g
  • Kolesterol sebesar 0 mg
  • Natrium sebesar 1 mg
  • Kalium sebsesar 109 mg
  • Karbohidrat sebesar 13 g
  • Serat pangan sebesar 1,4 g
  • Kandungan gula sebesar 10 g
  • Protein sebesar 0,5 g
  • Vitamin A sebesar 58 IU
  • Kalsium sebesar 13 mg
  • Vitamin C sebesar 47,8 mg
  • Zat besi sebesar 0,3 mg
  • Vitamin B6 sebesar 0,1 mg
  • Magnesium sebesar 12 mg

Apa saja manfaat mengkonsumsi buah nanas?

Dengan kadungan gizi dan vitamin yang terdapat di dalam buah nanas dan dengan mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan tibuh kita dan tidak berlebihan maka buah nanas memiliki manfaat sebagai berikut :
  1. Mampu mengatasi flu dan demam
  2. Dapat menjaga kesehatan gigi
  3. Obat peradang kulit 
  4. Mengobatai asam urat
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh
  6. Dapat menyuburkan rambut
  7. Menurunkan tekanan darah
  8. Menurunkan berat badan
  9. Mengobati masalah ketombe
  10. Meningkatkan kualitas sperma bagi pria
  11. Membantu pertumbuhan tulang
  12. Membantu menjaga kesehatan penglihatan
  13. Melancarkan pencernaan
  14. Membantu melembabkan kulit
  15. mengatasi bibir pecah-pecah
  16. Mencegah kerusakan pada kuku dari ke adaan retak atau terbelah
Kesimpulan :

Buah nanas adalah buah yang berpohon pendek yang dapat tumbuh hidup hampir diberbagai tempat pertanian, buah nanas yang matang memiliki warna kuning kehijauan serta memiliki aroma khas buah nanas. Buah nanas sangat mudah untuk di budidayakan karena memiliki tingkat ketahanan yang luas terhadap kondisi suhu dan lingkunan serta  curah hujan yang terjadi. Buah nanas yang sudah dapat dipanen dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti, kue nanas, manisan, sirup, juas nanas, bahan penambah rasa eskrim dan lain sebagainya. Buah nanas memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh namun tentunya dengan mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan tubuh kita dimana salah satunya untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Sumber referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Nanas
http://duniaplant.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-dan-definisi-buah-nanas.html
http://www.tanobat.com/nanas-ciri-ciri-tanaman-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html
http://www.budidaya-petani.com/2013/03/nanas.html
http://www.sehatmu.com/2014/12/15-manfaat-buah-nanas-bagi-kesehatan-kecantikan.html
http://manfaat.co.id/manfaat-nanas

Image: pixabay.com
  


2 komentar

avatar

Subhanllah..betapa besar kasih sayang Allah terhadap hambanya sampai2 menumbuhkan nanas yang rasanya sanga manis di sukai banyak orang, dan di dalam nanas banyak terdapat kemanfaatn bagi manusia..

Balas
avatar

ia pak ustad. semua pasti di ciptakan ada manfaatnya masin-masing

Balas