Breaking News
Join This Site
Mendidik anak agar tidak terjerumus gaya hidup negatif massa sekarang

Mendidik anak agar tidak terjerumus gaya hidup negatif massa sekarang

pixabay.com

Intips viral - Pada massa sekarang banyak kita jumpai berbagai macam gaya hidup anak muda pada massa sekarang, namun sangat disayangkan kehidupan pada massa sekarang hampir kearah yang negatif. Tentunya hal ini menjadi permasalahan bagi orang tua untuk menjaga agar anak-anak mereka tidak terjerumus dalam pergaulan yang negatif. Banyak hal dan banyak cara yang bisa kita terapkan dalam keluarga agar sang anak dapat terlindungi dari pergaulan bebas pada massa sekarang.
Banyak sekali kasus yang kita jumpai mulai dari kasus pemerkosaan dan kasus kriminal lainnya yang di sebabkan kesalahan dalam pergaulan yang diikuti oleh sang anak. Seperti yang kita ketahui banyak sekali faktor yang menjerumuskan sang anak hingga mengikuti pergaulan pada massa sekarang ini. Lalu bagai mana kita menyikapinya sebagai orang tua anak untuk menjaga anak-anak kita agar tidak mudah terjerumus dalam pergaulan pada massa sekarang ini? 

Intips viral akan memberikan beberapa arahan yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sang anak agar kelak tidak terjerumus kedalam pergaulan-pergaulan negatif yang berdampak buruk bagi masa depan sang anak. Tentunya hal ini harus kita sikapi pada usia dini sang anak agar kelak lebih mudah untuk mengarahkan sang anak ini nantinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk menjaga anak kita.

1. Berikan kasih sayang dimulai dari dini.
Bagi orang tua sangat diwajibkan memberikan kasih sayang terhadap sang anak yang dimulai dini hari dimana usia sang anak masi muda. Dengan memeberikan kasih sayang yang sepenuhnya sang anak akan lebih mudah dalam menerima arahan dan bimbingan dari orang tua mereka. Dengan berperan aktif sebagai orang tua juga teman sang anak maka orang tua akan lebih muda untuk mengenali karakter sang anak. Hal ini akan berdampak baik bagi sang anak dimana nantinya sang anak akan lebih mudah terbuka kepada orang tua dalam menyampaikan semua permasalahannya. Tentunya kita sebagai orang tua berperan aktif dalam membantu sang anak untuk menyelesaikan segala permasalhannya baik itu dirumah atau di sekolah nantinya.

2. Berikan pendidikan agama dengan baik.
Pendidikan agama sangat diperlukan untuk membentuk karakter yang baik dan budiman. Dimana nanti sang anak nantinya akan lebih mudah membedakan mana yang baik buat dirinya dan mana buruk untuk dirinya. Pendidikan agama bisa diberikan oleh orang tua secara langsung ataupun dengan instansi yang terkait namun tentunya dibawah pengawasan orang tua. Dengan mengerti dasar-dasar agama sebagai bekal kehidupan sang anak maka sang anak akan lebih mudah mengambil keputusan yang sesuai dengan dasar-dasar agama yang baik buat dirinya. Dan tentunya orang tua akan lebih mudah mengarahkan sang anak untuk berprilaku yang baik dan sopan.

3. Memberikan fasilitas sesuai dengan umur dan waktunya.
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Dengan memberikan fasilitas seperti handphone dan sebagainya tepat pada waktunya akan memberikan dampak positif. Seperti yang kita tau pada massa sekarang dimana anak-anak yang masih dibawah umur dan belum waktunya sudah memiliki berbagai macam fasiitas seperti smartphone yang terhubung dengan jaringan internet. Sangat diasayangkan bila hal ini terjadi tanpa pengawasan orang tua dimana sang anak dapat dengan mudahnya untuk mengakses konten-konten negatif yang seharusnya belum ia ketahui. Pentingnya memberikan fasilitas sesuai dengan umur dan waktunya akan memberikan keseimbangan prilaku sang anak nantinya. Dan tentunya akan jauh dari hal-hal negatif yang ada di internet walaupun tidak semua yang ada di internet itu adalah konten negatif.

4. Menjadi guru dirumah.
Sebagai orang tua sudah sepatutnya juga kita menjadi contoh dan guru yang baik bagi sang anak dimana sang anak mendapatkan pendidikan pertamanya didalam rumah. Orang tua berkewajiban mengajarkan setiap mata pelajaran yang ia peroleh diluar rumah. Tentunya orang tua juga harus bekerja sama dengan pihak sekolah seputar perkembangan anak. Kasihlah motofasi yang baik kepada anak dan hindari perkataan kotor atau kasar dimana pada massa perkembangan sang anak akan sangat mudah menerima setiap perkataan dan penglihatan yang ia saksikan.

5. Berikan rasa tanggung jawab kepada sang anak.
Dengan mengajarkan rasa tanggung jawab kepada sanga anak akan memberikan efek tangjung jawab setiap yang akan ia kerjakan. Namun tentunya sesuai dengan umur dan masa perkembangan anak. Dengan rasa tanggung jawab yang ada pada sanga anak maka ia akan lebih mudah menyikapi setiap permasalahan yang ada dan bersikap dewasa menghadapi semua permasalhannya.

6. Pantau setiap acara yang ia saksikan di acara pertelevisian.
Sebagai orang tua jagalah sang anak dari acara-acara pertelevisian yang dapat berdampak buruk bagi mental dan pikirannya, seperti yang kita ketahui bahwa cara pertelevisian pada massa sekarang sedikit menyajikan konten yang susai dengan sang anak terlebih lagi acara film yang berbau cinta dan kekerasan yang disajikan yang tidak sesuai dengan umur sang anak. Dengan menyaring acara yang akan ditonton oleh sang anak akan menjaga mental dan pola pikir yang akan ia terima dalam masa perkembangannya.

Dari beberapa hal diatas memang masih banyak lagi cara yang bisa kita berikan sebagai orang tua untuk mendidik dan menjaga sang anak berprilaku negatif dari gaya hidup pada massa sekarang. Tentunya kita menginginkan kualitas yang baik bagi prilaku dan sikap sang anak. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk kita semua dan generasi bangsa nantinya. Terima kasih telah membaca artikel ini mudah-mudahan dapat berguna. Silahkan bagi anda untuk menyampaikan hal-hal yang positif dibawah untuk pembelajaran kita bersama selaku orang tua. Dengan saling berbagi pengalaman mudah mudahan dapat menambah pengetahuan kita selaku orang tua yang mampu mendidik mental dan sikap sang anak ke arah yang lebih baik.