Breaking News
Join This Site
Penipuan dari hand phone, Begini mengantisifasinya

Penipuan dari hand phone, Begini mengantisifasinya

Banyak yang terjadi berbagai di tengah masyarakat kita di tengah kesulitan ekonomi, Ada saja yang di lakukan oleh masyarakat kita dalam mencari uang, ada dengan cara yang halal dan berjuang dengan sepenuh hati, namun ada pula orang yang menghalalkan segala cara, salah satunya adalah modus penipuan yang menggunakan sarana hand phone.

Penipuan dari hand phone, Begini mengantisifasinya
pixabay.com


Walaupun masyarakat sebenarnya telah mengetahuinya namun tetap ada saja yang tertipu oleh ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ini. Lantas apa penyebab mereka sampai saja tertipu?. sebelum kita membahas tentang cara untuk mengantisipansinya ada baiknya kita mengetahui beberapa kriteria atau tipe oknum yang memanfaatkan fasilitas handphone ini.

1. Modus penipuan dengan menggunakan sms.
Penipuan dengan cara seperti ini sudah banyak yang mengetahuinya. Biasanya kasus yang sering terjadi adalah penerimaan sms seperti isi pulsa, di tangkap polisi, menang undian dan sejenisnya. Inti dari penipuan dengan menggunakan sms ini adalah mengirimkan pesan kepada korban yang di tuju dengan memanfaatkan keberuntungan yang kebetulan terjadi kepada korban yang sesuai dengan isi sms yang di berikan. Modus penipuan seperti ini sudah sering di ketahui dan sekarang masyarakat kita sudah mengetahuinya.

2. Modus penipuan dengan menelepon korban.
Penipuan seperti ini bisa di bilang orang yang melakukannya termasuk profesional. Kenapa? karena pada umumnya sang penipu dapat mengambil celah dari pembicaraan yang terjadi kepada korbannya tanpa korban menyadarinya. Dan dalam kasus seperti ini masi banyak yang tertipu oleh ulah orang yang tidak bertanggung jawab ini yang mengambil keuntungan dari si korban.

3. Modus penipuan dengan mengirim sms dan menelepon.
Bagian yang ketiga ini adalah sudah bisa di bilang profesional dan sangat berani. Umumnya sang penipu mengirim sms terlebih dahulu seperti kita contohkan saja tentang kemenangan suatu undian. dan bila tidak ada tanggapan maka sang penipu langsung menelepon korban dan memberikan informasi kemenangannya lengkap dengan daftar nama pemenang yang ia buat dalam webside atau blog hantu yang ia buat. kita katakan saja itu blog hantu biar mudah untuk di pahami.

Lantas bagai mana cara kita mengantisipasi dan mengatasi modus penipuan seperti ini agar kita tidak terjebak . Berikut intips viral rangkup secara singkat dan jelas agar tidak terjadi korba-korban berikutnya.

Cara mengantisipasi dan mengatasi modus penipuan handphone.

1. Untuk kasus penipuan yang pertama dengan mengirimkan sms kepada korban, kita dapat mengantisipasinya dengan tidak membalas sms tersebut dan memastikan isi sms yang di berikan dengan kerabat atau orang yang berada di dekat kita. tetaplah curiga dengan nomor yang tidak kita kenal. kasus yang pertama ini mudah diatasi dan masyarakat kita sudah cukup cerdas untuk mengantisifasinya. kita lanjut ke kasus yang kedua.

2. Untuk kasus yang kedua dimana oknum penipu tersebut langsung menelepon sang korban maka kita bisa mengantisifasinya dengan cara.

a. Jangan pernah menyebutkan nama kita atau nama kerabat kita.
b. Pastikan untuk bertanya terlebih dahulu siapa yang menelepon.
c. Bila ia menyatakan misalnya " masa lupa ini teman kamu " maka jangan pernah menyebutkan nama satu orang pun atau bisa kita kecoh dengan menyebutkan nama yang tidak kita kenal. bila ia menjawab ia berarti ini penipuan sedangkan kita tidak mengenal nama yang kita sebutkan.
d. Jangan panik apapun berita yang di katakan oleh si penelepon, sebisa mungkin untuk tetap tenang agar tipu muslihat yang diberikan tidak masuk kepada kita.
e. Jangan pernah mengatakan keberadaan kita pada saat itu bila ia menanyakan keberadaan kita. Pastikan terlebih dahulu siapa yang menelpon, karena beberapa kasus penipuan juga mengatas namakan oknum pemerintah.
f. Setelah menerima telephon tetaplah menanyakan pendapat orang di sekitar kita atau orang terdekat dengan kita pada saat itu agar kesadaran kita atas berita yang di berikan tetap terjaga dan menghilangkan kepanikan yang terjadi. 

3. Untuk kasus penipuan yang ketiga yang menggunakan suatu akun baik itu facebook, blog maupun webside selain kita mengantisifasinya dengan dua cara diatas maka selanjutnya yang kita lakukan adalah memastikan informasi yang di berikan seperti blog atau webside. Biasanya penipuan yang menginformasikan suatu kemenangan undian atau informasi sejenisnya yang menggunakan handphone tersebut selalu menyediakan blog atau webside untuk meyakinkan korbanya. untuk mengetahui kebenaran webside tersebut bisa kita ketahui dengan cara.

- Blog yang menggunakan domain gratisan biasanya berlatar belakang blogspot.com atau blogspot.co.id, namun ada juga yang menggunakan domain gratis dari frenom seperti berakhiran dot(.) ga atau dot (.) ml dan sejenisnya. Hal ini bisa kita ketahui dengan mudah bahwa blog atau webside tersebut adalah palsu. Lalu bagai mana kalau ia menggunakan domain yang berbayar?.

- Untuk penipuan yang menggunakan domain berbayar sebisa mungkin kita menghubungi pihak terkait tentang kebenarannya baik itu bank yang bersangkutan atau operator seluler yang bersangkutan, Jangan pernah menghubungi nomor atau informasi yang di berikan oleh sang penipu atau penelepon tersebut.

- Tetap menginformasikan informasi yang kita terima dengan kerabat kita untuk menghindari penipuan tersebut. Dan hal yang harus selalu di ingat adalah jangan pernah mentransfer seperserpun uang walau ia mendesaknya. 

Dengan melakukan beberapa  cara di atas untuk menghindari kasu penipuan yang sering terjadi dengan menggunakan handphone tersebut mudah-mudahan kita dapat terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. 

Tetaplah tenang dan bijak dalam menerima panggilan dan sms yang kita terima terlebiih lagi dengan nomor yang tidak kita kenal atau tidak terdaftar dalam informasi kontak kita. 


2 komentar

avatar

kalau sms atau di telfon itu sering saya alami..
namun yang belum tahu itu penipuan di blog ustad..apakah menipu dalam arti artikel berisi hoax...makasih Ustad artikelnya sangat membantu..

Balas
avatar

Pasti ad juga mas penipuan berkedok blog. cuma mungkin masi jarang

Balas