Breaking News
Join This Site
Pentingnya menulis referensi dalam sebuah blog

Pentingnya menulis referensi dalam sebuah blog


Intips viral - Blog merupakan salah satu sarana dalam penyampaian informasi yang di berikan oleh sebagian orang untuk memberikan informasi yang di perlukan seseorang dalam menyelesaikan maslahnya namun demikian penulisan sebuah blog tak lepas dari referensi sumber lainnya karena kita ketahuai bahwa setiap orang tidak mungkin memahami semua informasi yang ia sampaikan. 

Umumnya blog terbagi atas bebearapa bagian namun secara umum blog pada dasarnya terdiri dari :
1. Blog download.
2. Blog personal.
3. Blog tutorial.
4. Blog berita.
5. Blog tips dan trik.
6. Blog walpaper.
7. Blog Kesehatan.
8. Blog Lowongan kerja.
9. Blog Promosi.
10. Blog pendidikan.

Pentingnya menulis referensi dalam sebuah blog
pixabay.com

10 Blog diatas merupakan sebagian dari banyaknya nice yang kita jumpai di google. Untuk penulisan dalam sebuah blog, beberapa orang memang mengandalkan pengetahuan yang ia miliki untuk di tuangkan dalam pennulisan untuk menyampaikan informasi kepada para pembaca. Namun demikian tidak sedikit pula para bloger yang menulis sebuah blog berdasarkan sumber - sumber yang ia dapatkan dari informasi blog atau buku sebagai referensinya.

Untuk itu dalam penulisan sebuah blog kita sebagai seorang bloger yang memilih nice tertentu dalam penulisan sebuah blog maka diperlukan sumber referensi yang terpercaya. Namun demikian bukan berarti kita bisa menuangkan semua isi tulisan yang kita dapatkan secara cuma-cuma.

Bisa anda bayangkan bagaimana bila ide atau hasil tulisan anda di klaim menjadi milik seseorang yang menulis blog sejenis tanpa menaruh sumber referensi yang menuju pada blog anda.

Oleh sebab itulah adanya etika dalam penulisan sebuah blog untuk dapat saling menghargai hasil tulisan atau hasil pikiran seseorang. Selain itu blog kita juga akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pembaca dan aman dari banned oleh pihak google.

Dalam penulisan sebuah blog yang bukan dari hasil pemikiran sipenulis maka ada baiknya melakukan beberapa hal berikut agar blog kita juga dihargai oleh bloger atau pembaca yang berkunjung dalam blog kita. Adapun etika yang patut kita lakukan adalah :

1. Meminta ijin kepada penulis untuk menjadikan blognya sebagai sumber referensi dalam penulisan kita.
2. Meletakkan sumber referensi yang langsung menuju blog yang menjadi referensi kita.
3. Menulis ulang dengan kata lain adalah menulis dengan hasil pemikiran kita sendiri berdasarkan informasi yang kita terima dari sumber referensi yang kita dapatkan.
4. Memberikan backlink yang berkualitas kepada sumber referensi kita.

Dengan melakukan beberapa hal diatas sebagai wujud dasar terimakasi kita kepada sumber referensi penulis tersebut maka blog kita nantinya juga akan dihormati dan dihargai oleh para bloger dan pembaca lain. 

Saya yakin pasti para bloger lain akan sangat senang bila artikel yang ia buat menjadi referensi penulisan dalam blog anda dengan mencantukan sumber referensi berupa link aktif.

Keuntunngan dengan melakukan cara diatas banyak sekali diataranya.
1. Dihargai oleh pembaca.
2. Dapat dipercaya oleh para pembaca blog kita.
3. Tidak terkena banned oleh pihak google karena adanya sumber referensi yang jelas dari blog kita menuju sumber referensi.
4. Dapat menjalin ikatan sesama bloger lainnya.

Contoh pentingnya referensi dalam sebuah blog bisa kita lihat dalam artikel yang di sampaikan oleh Wikipedia dimana kita ketahuia bahwa wikipedia selalu mencantumkan sumber referensi, baik itu berupa buku ataupun sebuah blog atau webside.

Itulah sekilas tentang pentingnya penulisan referensi dalam sebuah blog, karena kita ketahui bahwa tidak ada yang sempurna dan manusia pastilah tidak mengetahui semua hal yang ia ketahui.

Baca juga :