Breaking News
Join This Site
Google adsense youtube tentang konten yang dilarang pedoman komunitas

Google adsense youtube tentang konten yang dilarang pedoman komunitas

Google adsense youtube merupakan pilihan bagi sebagian orang untuk mendapatkan penghasilan dari konten video yang di buat dengan bergabung ke Program partner youtube yang di kaitkan kepada akun adsense youtube. Dengan mengupload video ke dalam akun youtube dan mendaftarkannya ke adsense maka dengan demikian pemiliki akun dapat memonitisasi konten video yang ada pada akun youtube nya. 

pixabay.com


Namun demikian sobat intips juga harus mengetahui bahwa dengan bergabung kepada program mitra youtube dan menghubungkannya ke google adsense youtube bukan berarti semua konten yang sobat intips miliki dapat dengan mudah untuk di monitisasi. Selain masalah mempromosikan konten video yang harus lebih diperhatikan oleh sobat intips adalah tentang pedoman komunitas youtube terhadap konten - konten video yang sobat intips miliki. Tentunya semua ada peraturan agar sobat intips tidak melanggar kebijakan yang ada yang dibuat oleh pedoman komunitas agar nantinya akun youtube sobat intips tidak dibaned atau di hapus oleh pihak youtube. Lalu Konten seperti apa yang dimaksud oleh pedoman komunitas yang melanggar kebijakan youtube?. 

Berikut adalah pedoman komunitas atau kebijakan yang ditujukan kepada konten video yang diupload oleh para youtuber.

1. Konten sexual atau ketelanjangan.
Konten yang jelas-jelas berbau pornografi jelas dilarang, video-video yang seperti ini akan dihapus atau dikenakan batasan usia tergantung kepada tingkat keparahan konten tersebut.Video yang berisi ketelanjangan atau konten seksual lainnya dapat diizinkan jika tujuan utamanya adalah pendidikan, dokumenter, ilmiah, atau artistik, dan bukanlah gambar yang serampangan. Misalnya, film dokumenter tentang kanker payudara dianggap pantas, tapi mengeposkan klip yang tak ada hubungannya dengan film dokumenter tersebut, mungkin sebaliknya. Ingat bahwa konteks yang diberikan pada judul dan deskripsi akan membantu youtube dan pemirsa sobat intips menentukan tujuan utama dari video tersebut.

2. Konten yang merugikan atau berbahaya.
Yang dimaksud dalam point kedua ini  adalah konten yang berisikan video yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu tindakan yang dapat membahayakan dirinya. Video yang menunjukan kekerasan atau sejenisnya mungkin akan dikenakan batasan usia tergantung keparahan konten tersebut.YouTube melarang keras mengeposkan video yang menghasut orang lain untuk melakukan tindakan kekerasan. Jika video sobat intips mengajak orang lain untuk melakukan tindakan kekerasan atau mengancam orang dengan tindakan kekerasan yang serius, video tersebut akan dihapus dari situs. 

Untuk pembatasan usia terhadap konten seperti ini youtube memiliki kriteria seperti berikut :
a. Apakah tindakan tersebut dapat menyebabkan cedera serius atau kematian.
b. Apakah seseorang yang melakukan tindakan tersebut adalah profesional terlatih yang sudah mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk mencegah terjadinya cedera.
c. Apakah tindakan tersebut dapat dengan mudah ditiru oleh anak di bawah umur.
d. Apakah konten tersebut dapat digunakan untuk melakukan tindak kekerasan yang serius.
e. Apakah video diupload untuk tujuan pendidikan, dokumenter, ilmiah, atau artistik.

3. Konten yang mengandung kekerasan dan vulgar.
Konten yang dimaksud adalah konten yang berisikan tentang tindak kekerasan atau hal-hal yang menyeramkan yang memicu sensasi dan tidak sopan. Nah bila sobat intips menyajikan konten seperti ini dalam bentuk dokumenter atau berita maka sajikanlah dengan memberikan informasi yang memadai agar orang lain dapat memahami maksud dari tujuan video tersebut dan jangan sampai video sobat intips mendorong seseorang untuk melakukan tindak kekerasan, untuk beberapa kriteria youtube memberikan batasan usia sesuai dengan keparahan video yang sobat intips upload.

4. Hak Cipta.
Nah untuk yang satu ini pasti banyak mengundang tanda tanya, dikarenakan banyak juga video yang beredar namun bukan milik si pemilik konten namun hanya mengupload nya ulang dan mengeditnya. Untuk hal ini pedoman komunitas memberikan ulasan seperti berikut :

Hormati hak cipta. Anda hanya boleh mengupload video milik sendiri atau video orang lain yang izin penggunaannya Anda miliki. Artinya, jangan mengupload video yang bukan buatan Anda, atau menggunakan konten dalam video dengan hak cipta orang lain, seperti trek musik, cuplikan program berhak cipta, atau video yang dibuat pengguna lain, tanpa memperoleh izin yang diperlukan.

Dari sini sobat intips sudah mengertikan, hormatilah hak cipta orang lain dan apabila sobat intips ingin mengupload ulang video tersebut maka minta izinlah terlebih dahulu kepada pihak yang bersangkutan. Untuk informasi tentang hak cipta sobat intips bisa melihatnya disini Pusat hak cipta.

5. Konten yang mengandung kebencian.
Youtube tidak mendukung konten yang mempromosikan atau membenarkan kekerasan terhadap individu atau kelompok berdasarkan ras atau asal etnis, agama, disabilitas, jenis kelamin, usia, kebangsaan, status veteran, atau orientasi seksual/identitas gender, atau yang tujuan utamanya adalah menumbuhkan kebencian terhadap karakter inti tersebut. Konten semacam ini bisa menjadi penyeimbang yang halus, tetapi jika tujuan utamanya adalah untuk menyerang kelompok yang dilindungi, maka konten tersebut sudah melewati batas. Untuk itu sobat intips jangan sekali-kali membuat konten yang mengundang kebencian terhadap sesuatu agar tidak merugikan orang lain juga sobat intips dan tentunya terhadap kesehatan akun youtube sobat intips.

6. Konten yang berisikan ancaman.
Youtube akan menindak tegas bagi konten-konten yang berbau ancaman seperti menindas, menguntit, melecehkan, mengintimidasi, melanggar privasi, mengungkapkan informasi pribadi orang lain, dan menghasut orang lain untuk melakukan tindak kekerasan atau melanggar Persyaratan Penggunaan. Siapa pun. Bagi sobat intips yang ketahuan melakukan hal ini kemungkinan akan dicekal dari YouTube selamanya dan tentu saja monitisasi akun sobat intips juga akan hilang.

7. Konten dengan tindakan spam, meta data yang menyesatkan, dan scam
Semua orang pasti tidak suka spam kan sobat intips. Nah untuk itu sobat intips jangan melakukan spam baik itu di kolom komentar,pesan pribadi atau sejenisnya dan jangan membuat diskripsi, gambar mini dan judul yang menyesatkan demi meningkatkan jumlah penayang yang dimana isi konten video tersebut tidak sesuai dengan gambar dan judul konten video sobat intips. Jadi sobat intips baiknya mengisi judul, tag dan diskripsi sesuai dengan isi konten video sobat intips ya.

Itulah beberapa pedoman komunitas youtube yang wajib di ikuti oleh sobat intips yang ingin menjadi youtuber dan mengikuti program google adsense youtube. Tetaplah menyajikan konten video yang bermanfaat untuk orang banyak dan hindarilah mengambil atau mengcopy konten orang lain karena rejeki tidak akan kemana sobat initips

1 komentar:

avatar
Balas